Misteri Susno & Testimoni Antasari

detikNews :

Jakarta - Bagaimana sebenarnya peran mantan Kabareskrim Mabes Polri Komjen Pol Susno Duadji dalam kasus Bibit-Chandra? Apakah dia benar terlibat langsung atau seperti pengakuannya yakni sama sekali 'clear'?

Informasi yang dikumpulkan detikcom, Jumat (8/1/2010) Susno, memegang peranan dalam kasus Antasari. Dia disebut-sebut yang memegang peranan lahirnya testimoni mantan Ketua KPK Antasari Azhar.

"Malam hari, sebelum penyidik menggeledah kantor Antasari di KPK,
saat itu Susno didampingi seorang perwira ke dalam tahanan bertemu Antasari," jelas sumber yang enggan disebutkan namanya itu.

Sumber itu mengaku melihat langsung keakraban yang terjalin antara Susno dan Antasari dalam pertemuan 10 Juni 2009 itu. Dalam suasana santai, Susno bersalaman dan memeluk Antasari.

"Suasananya cair, keduanya juga terlihat tertawa-tawa," tambah sumber itu.

Kemudian, pada 11 Juni 2009, pagi hari, Antasari diantarkan Susno menemui penyidik Polda Metro Jaya. "Dia meminta agar Antasari diantarkan ke KPK. Katanya mengambil barang pribadi," terang sumber itu.

Antasari kemudian dibawa penyidik Polda Metro Jaya ke KPK. "Di sana, Antasari menunjukkan sebuah file di laptopnya. Dan itu rekaman Anggoro Widjojo (buron KPK, yang mengaku memberikan uang kepada pimpinan KPK)," imbuh sumber itu.

Para penyidik itu mengaku kaget ditunjukkan rekaman Anggoro. Tidak lama, Antasari membuat testimoni atas rekaman itu. Dan Susno, terang sumber itu, kemudian menelepon penyidik agar penyidik membuat laporan atas testimoni itu.

Susno pun, lanjut sumber itu, pasti tahu mengenai pekembangan kasus Antasari. "Sebagai pembina fungsi reserse, setiap kasus menonjol pasti memonitor. Beliau tahu betul proses penyidikan ini. Memang dia tidak boleh intervensi penyidik," tuturnya.

Tambah lagi, laporan perkembangan kasus selalu dilakukan Tim Penyidik ke Susno. "Jadi dia tahu betul proses penyidikan ini sudah sampai sejauh mana," kunci sumber itu.

Sedang Susno, dalam wawancara dengan detikcom mengaku tidak terlibat sama sekali dengan kasus Antasari dan juga Bibit-Chandra. Dia mengaku dirinya tidak dilibatkan sama sekali dalam kasus kontroversial tersebut.
Blogged with the Flock Browser

No comments:

Archives