Cicak: Susno Hebat Bisa Menentang Polri

INILAH.COM



INILAH.COM, Jakarta - Mantan Kabareskrim Polri Komjen Pol Susno Duadji telah bersaksi untuk terdakwa Mantan Ketua KPK Antasari Azhar. Susno dinilai hebat karena berani menantang Polri.

"Kalau tahu resikonya memberikan keterangan yang bertentangan dengan institusinya, berarti dia orang hebat," kata Ketua Tim Pengacara Pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah dalam kasus Cicak Vs Buaya, Bambang Widjojanto, kepada INILAH.COM di Jakarta, Jumat (8/1).

Kesaksian Susno dalam sidang kasus pembunuhan bos PT Rajawali Putra Banjaran Nasrudin Zulkarnaen, sepenuhnya bertentangan dengan Polri. Menurut Bambang, Susno dalam kesaksian di Pengadilan, mengklarifikasi keterangan Mantan Kapolres Jakarta Selatan Kombes Pol Wiliardi Wizard, yang juga menjadi terdakwa kasus pembunuhan tersebut. Wiliardi mengaku ditekan oleh atasannya untuk merubah Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dirinya.

Bambang menilai, apa yang dilakukan Susno dengan menjadi saksi yang meringankan Antasari, merupakan suatu kejanggalan. "Terus terang saja agak janggal, bahwa seorang perwira tinggi di Polri bersaksi yang tidak memberi keuntungan institusi kepolisian. Karena di dalam kepolisian ada sistem komando," katanya.

Susno telah memberikan kesaksian yang tidak menguntungkan institusinya dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis, 7 Januari kemarin. Susno mengakui adanya perlakuan berbeda, terhadap Wiliardi di dalam tahanan. Menurut pengakuan Susno, jam besuk kepada Wiliardi dikurangi dari jadwal yang telah ditetapkan. [mut]

Blogged with the Flock Browser

No comments:

Archives