"Sepatu ke Bush" Terus Jadi Lelucon Para Pemimpin Negara

 clipped from www.antara.co.id

16/12/08 14:13

Chavez: Pelempar Sepatu ke Bush Berani



Karakas (ANTARA News) - Presiden Venezuela Hugo Chavez, yang anti-AS, Senin, menyebut wartawan Irak yang melemparkan sepatunya ke Presiden AS George W. Bush sebagai pemberani.
    
Chavez, yang selama bertahun-tahun juga melontarkan penghinaan terhadap presiden AS, mengatakan ia senang sepatu itu tidak mengenai Bush tapi ia tersenyum lebar selama pemutaran gambar mengenai peristiwa tersebut selama pertemuan kabinet yang ditayangkan stasiun televisi Venezuela.
    
"Untung (sepatu) itu tidak mengenai dia. Saya tidak mendorong orang melempar sepatu ke siapa pun, tapi sungguh, betapa berani pelempar sepatu itu," katanya.
    
Wartawan Irak Muntazer Az-Zaidi melemparkan kedua sepatunya ke Bush dan menyebut dia "anjing" selama taklimat di Baghdad pada Ahad, tindakan yang membuat dia langsung terkenal di seluruh dunia dan mendapat dukungan luas di Timur Tengah.
    
Chavez adalah pengeritik perang AS melawan teror di Irak dan Afghanistan dan seringkali menyebut Bush "keledai", "pemabuk" atau "Bapak Bahaya".
    
Ia paling terkenal menyebut Bush "Iblis", selama pidato di markas PBB di New York, sambil mengendus udara dan mengatakan masih tercium bau belerang setelah Bush meninggalkan podium.
    
Selama 10 tahun memangku jabatan, Chavez telah menggambarkan pemerintah Sosialisnya sebagai pilihan bagi "kekaisaran" AS. ia mendorong persekutuan dengan banyak negara, termasuk Iran, Kuba dan Rusia guna membuat lemah pengaruh Washington di pentas dunia.
    
Stasiun televisi Venezuela pada Senin dilaporkan menayangkan kembali cuplikan peristiwa pelemparan sepatu itu. (*)

COPYRIGHT © 2008

Sent with Clipmarks

No comments:

Archives