China Pecat 6 Pejabat yang Tertidur Saat Rapat

China Pecat 6 Pejabat yang Tertidur Saat Rapat



6 Pejabat China di pecat karena tertidur saat Rapat


Ilustrasi - pejabat china rapat tidur

Pemerintah kota Hengyang, provinsi Hunan, China selatan memecat 6 pejabatnya yang tertangkap kamera mengantuk dalam rapat untuk memperingati 30 tahun reformasi ekonomi dan keterbukaan China. Menurut Beijing News (26 Des 2008), sanksi itu dijatuhkan menyusul peredaran foto-foto itu di Internet.

      Keenam orang yang dipecat adalah pimpinan Partai Komunis pemerintah dan manajer perusahaan."Pemecatan itu dimaksudkan untuk memperkuat disiplin dan membersihkan dampak buruk kelakuan itu dalam pemerintahan kota," keputusan pemerintah setempat.

       Meskipun pemecatan tersebut memunculkan polemik, karena alasan mereka mengantuk karena pertemuan tersebut sangat membosankan.
Beberapa opini kontroproduktif tersebar di dunia maya menangkapi kebijakan pemerintah tersebut "Dalam 99 persen pertemuan semacam itu, kata-kata (yang digunakan) tidak berisi dan stereotipikal," komentar Damocangying di situs tianya.cn.

       Pertemuan pemerintah di China biasanya sangat lama dan penuh dengan pidato-pidato panjang, sekalipun para pejabat senior telah berusaha untuk mempersingkat dan membuatnya lebih efisien.

China Bisa Maju karena Disiplin dan peningkatan Moralitas Pejabat

       Sejumlah pembangunan dan kemajuan bangsa China yang 30 tahun lalu adalah negara miskin jauh dibawah Indonesia, kini bangkit menjadi kekuatan baru di dunia. China kini berada di atas Indonesia, dan saat ini China memiliki pertumbuhan ekonomi pesat, kemajuan industri teknologi, kekuatan militer hingga penguasaan ilmu antariksa.

       Hal ini tentu didukung dari sejumlah kebijakan tegasnya terhadap para pejabat, pengusaha maupun masyarakat umum. Mereka yang terbukti melakukan tindak pidana korupsi, maka hadiah "peti mati" berada di depan mata disertai penyitaan aset-aset milik keluarga. Dan lebih dashyat lagi, anggota keluarga juga terancam pidana. Hal ini menjadi "lonceng supremasi hukum" yang besar bagi para pelaku kriminal, termasuk koruptur.

Bagaimana dengan Pejabat yang tidur di Negeri Indonesia?

       Para pejabat "hobi" tidur saat rapat di negeri ini perlu "bersyukur". Meskipun tidur berkali-kali (mirip iklan bank aja),  bukan sekali, para anggota terhormat di Senayan memiliki kebiasaan tidur saat rapat. Yang parah lagi, mereka tidak hanya tidur, tapi suka bolos.

     Di Indonesia, Presiden SBY pernah tereskpos sedang marah (8 April 2008) karena ada peserta (pejabat daerah Sumatera Barat) yang mendengarkan pidatonya tertidur. "Itu coba bangunkan yang tidur itu. Kalau tidur di luar saja!" "Pimpinan bagaimana dapat memimpin rakyat kalau tidur! Malu dengan rakyat yang memilih. Untuk mendengarkan pembicaraan untuk rakyat saja tidur! Jangan main-main dengan tangung jawab. Berdosa, bersalah dengan rakyat," ujarnya. [presiden sby marah - lihat di youtube]


Berikut foto-foto para pejabat negeri ini yang tidur saat rapat:


sby_marah_liputan_8 april

Tertidur ditengah rapat bersama negera lain

anggota dewan tidur

DPR tidur berjemaah

DPR Mangkir

Yang terakhir itu paling parah, bukannya datang rapat (oke, kalo tertidur), tapi kenyataannya..DPR mangkir.

   Selama ini, presiden hanya sering menegur dan marah kepada peserta rapat yang tertidur di Istana Negara. Bagaimana dengan Anggota Dewan? Siapa yang dapat menegur mereka? Mungkinkah dengan hukuman "pecat" akan menimbulkan efek jerah bagi mereka yang tidur saat rapat????

 
Referensi utama: Antara

Sent with Clipmarks

No comments:

Archives