Blogger Bantu Pemberitaan Serangan Mumbai

 clipped from techno.okezone.com

Blogger Bantu Pemberitaan Serangan Mumbai


Jum'at, 28 November 2008 - 11:33 wib



SINGAPORE - Peristiwa peledakan di Mumbai, India, menjadi momen penting bagi para blogger. Perkembangan berita tentang serangan yang diduga dilancarkan oleh kelompok bernama Deccan Mujahidin ini, banyak disokong oleh kecepatan dan ketajaman penulisan para blogger.

Salah satu blogger yang disebut-sebut paling aktif mengirimkan berita adalah Vinu. Secepat kilat blogger tersebut mampu menyuplai foto-foto yang menggambarkan serangan yang menewaskan 101 orang dan melukai sekira 287 orang, termasuk perkembangan berita tentang warga asing yang terjebak di hotel-hotel mewah saat kejadian itu berlangsung. Kabarnya foto-foto tersebut juga langsung di-upload ke dalam situs photo sharing, Flickr.

Tak hanya mampu melaporkan berita secara cepat, para blogger dari Mumbai Met Blog, lewat blog mereka www.mumbai.metblogs.com, juga turut membantu mempublikasikan beberapa nomor telepon rumah sakit di India, terdorong dari lemahnya pelayanan institusi publik tersebut. Langkah itu juga diambil untuk mendorong para donatur agar meyalurkan dana bantuan bagi para korban.

Selain itu, kalangan blogger dari Mumbai Help yang beralamat di mumbaihelp.blogspot.com juga turut memberi masukan kepada anggota keluarga dan teman yang berdomisili di Mumbai, seperti menyarankan mereka untuk tidak menelepon karena rentan dikacaukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab.

"Perisitiwa ini menunjukkan betapa besar potensi blogger bagi media mainstream. Pembaharuan berita secara kontinu, secara fisik tidak mungkin ditangani hanya oleh sebuah organisasi berita besar," ujar seorang analis media Cherian George seperti dilansir dari Reuters, Jumat (28/11/2008).

Sent with Clipmarks

No comments:

Archives