ANTARA :: Pemkot Bogor Kerjasama sengan BPPT Terapkan E-Government

16/01/09 12:13
Pemkot Bogor Kerjasama sengan BPPT Terapkan E-Government


Bogor, (ANTARA News) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat (Jabar) menjalin kerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk menerapkan e-government.

Dalam kerjasama tersebut, BPPT mulai tahun 2009, akan memberikan bantuan teknis dan diklat serta pelatihan kepada para karyawan di lingkungan Pemerintah Kota Bogor.

Asisten Sosial Ekonomi (Sosek) Pemkot Bogor, Bambang Hermanto mengatakan di Bogor, Jumat, bantuan dari BPPT tersebut untuk mendukung penerapan sebuah aplikasi informasi yang tersedia di BPPT maupun untuk mengembangkan teknologi informasi yang dibutuhkan oleh Pemerintah Kota Bogor

Dengan adanya bantuan tersebut, diharapkan Pemerintah Kota Bogor bisa memiliki sebuah jaringan informasi yang berbasis teknologi dan terpadu, mencakup bidang kerja seperti kepegawaian, kesehatan, pendidikan sampai bidang arsip dan perpustakaan.

Bahkan ke depan, bisa diterapkan teknologi informasi di bidang pelayanan perijinan dan berbagai pelayanan langsung kepada masyarakat.

Berkaitan hal itu, kata Bambang, aparat Pemerintah Kota Bogor dituntut untuk bisa memasang dan mengaktifkan koneksi internet atau intranet di seluruh kelurahan, kecamatan dan unit-unit kerja lainnya supaya penerapan e-government bisa terwujud.

Menurut dia, dengan pengembangan e government, maka masyarakat akan lebih mudah berhubungan dengan Pemerintah Kota Bogor, baik pada saat mereka membutuhkan informasi atau pada saat mereka membutuhkan pelayanan untuk melancarkan kegiatan mereka.

"Sudah waktunya Pemerintah Kota Bogor mewujudkan e-government dengan memanfaatkan teknologi informasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang ternyata telah melek teknologi informasi," kata dia.

Pada Rabu (14/1) Pemkot Bogor telah melakukan sosialisasi penerapan aplikasi e-government dikuti oleh para pejabat eselon 3 dan 4 di seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dan para Lurah se Kota Bogor.(*)
Link

No comments:

Archives