SBY Diminta Tunggu Hasil Rapat DPR dengan KPK, Polri, dan Kejagung

Selasa, 17/11/2009 10:34 WIB
Laurencius Simanjuntak - detikNews


Foto: detikcom
Jakarta - Anggota Komisi III DPR dari FPDIP Panda Nababan berharap Presiden SBY menunggu kesimpulan rapat kerja antara Komisi III dengan KPK, Polri, dan Kejagung, sebelum memutuskan akan menerima atau tidak rekomendasi Tim 8. Raker itu digelar Rabu (18/11/2009).

"Besok Komisi III akan mengadakan rapat kerja dengan Kejagung, Polri, dan KPK, ini belum pernah terjadi. Sebaiknya Presiden menunggu kesimpulan kita besok," kata Panda saat ditemui wartawan di sela-sela rapat Paripurna DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2009).

Menurut Panda, DPR juga memiliki hak untuk memberikan masukan kepada Presiden. DPR juga memiliki fungsi kontrol terhadap ketiga lembaga penegak hukum tersebut.

"Secara konstitusi DPR punya tugas untuk melakukan pengawasan terhadap KPK, Polri, dan Kejagung. Ini bisa jadi second opinion buat Presiden," ujar politisi PDIP ini.

Terlebih, Panda menambahkan, dalam rapat kerja besok Komisi III akan melakukan kroscek data terkait perbedaan pandangan antara ketiga institusi hukum tersebut.

Lalu bagaimana nasib rekomendasi Tim 8? "Kita menghargai itu karena itu bentukan Presiden, tapi alangkah arifnya Presiden menunggu kesimpulan kami," argumen Panda.

Menurut jadwal, SBY akan menerima Tim 8 pada pukul 14.00 WIB. Banyak kalangan mendesak agar SBY menindaklanjuti rekomendasi Tim 8 apa pun hasilnya.

No comments:

Archives