Buyung: Kasus Bibit & Chandra Momentum Kembalikan Semangat Reformasi

Rabu, 04/11/2009 21:33 WIB
Buyung: Kasus Bibit & Chandra Momentum Kembalikan Semangat Reformasi
Shohib Masykur - detikNews
Jakarta - Kasus Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah merupakan bukti nyata reformasi bidang hukum di Indonesia belum berjalan. Karena itu kasus yang telah menyedot perhatian publik ini harus menjadi momentum mengembalikan semangat reformasi yang telah luntur.

"Dengan terbukanya rekaman itu mata kita terbelalak semua. Ini hanya konfirmasi dari apa yang kita rasakan dan selama ini kita kritik selama bertahun-tahun," kata Ketua Tim 8 Adnan Buyung Nasution.

Hal itu dikatakan Adnan dalam acara pertemuan dengan para pimpinan media massa dengan Tim 8 di Hotel Nikko, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (4/10/2009).

"Menurut saya memang tidak cukup dari kasus ini kita ambil pelajaran untuk memperbaiki institusi dan juga perundang-undangan. Tapi saya lihat ini momentum untuk menggerakkan semangat reformasi yang kita dambakan selama ini," imbuh dia.

Menurut anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini, semangat gerakan reformasi selama ini sudah mulai pudar dan mandeg. Penegakan hukum secara adil yang menjadi salah satu aspek penting dari semangat reformasi belum terwujud.

"Mudah-mudahan dengan adanya kasus Chandra dan Bibit yang berhasil dibuka rekaman, kita semua terpanggil untuk menggerakkan kembali roda reformasi di negara ini, khususnya di bidang hukum," kata Adnan Buyung.

No comments:

Archives