Rakyat Ancam Turun ke Jalan Sebab Pemerintah Tak Mau Lindungi KPK

Senin, 02/11/2009 10:18 WIB
Bibit-Chandra Ditahan
Rakyat Ancam Turun ke Jalan Sebab Pemerintah Tak Mau Lindungi KPK
Chazizah Gusnita - detikNews

Jakarta - Sejumlah gerakan mahasiswa dan masyarakat pendukung KPK mengancam ramai-ramai turun ke jalan sebagai aksi protes atas penahanan Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah. Gerakan massa turun ke jalan itu karena pemerintah dinilai tidak melindungi KPK.

"Kalau pemerintah nggak melindung KPK, ya rakyat turun ke jalan. Rakyat yang akan melindungi KPK," kata rektor Universita Paramadina Anis Baswedan kepada detikcom, Senin (2/10/2009).

Anis yang merupakan salah satu tokoh yang diundang Presiden SBY tadi malam ini mengatakan, persoalan rakyat turun ke jalan juga dibahas dalam pertemuan tadi malam dengan SBY. Pihaknya juga sudah memberikan usulan-usulan yang sedang dipertimbangkan SBY.

"Ya kita lihat saja perkembangannya. Sekarang ini yang melindungi usaha KPK nggak ada. Makanya rakyat turun ke jalan," tegasnya.

Sebelumnya mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) akan melakukan aksi di Mabes Polri dan Bundaran Hotel Indonesia (HI). Selain itu di lima puluh cabang lainnya yang tersebar di berbagai daerah juga akan melakukan aksi serupa.

Tak hanya gerakan massa turun ke jalan, dukungan terhadap Bibit-Chandra pun datang dari jejaring sosial Facebook dalam "Gerakan 1.000.000 Facebookers Dukung Chandra Hamzah & Bibit Samad Riyanto" yang telah menembus 315 ribu lebih.

No comments:

Archives