Surat Suara Pemilu 2009 - Bagaimana Melipatnya?

Bagaimana Melipatnya?




Friday, 20 March 2009
ImagePALEMBANG - Puluhan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya, Bukit Besar, kemarin (19/3) melakukan simulasi pemungutan suara di Kampus Bukit. Meski memahami cara menandai surat suara, namun sejumlah mahasiswa. Bingung ketika hendak melipat kembali surat suara yang sudah di contreng tersebut.Para pemilih pemula tersebut juga mengaku belum menentukan pilihannya pada pemilu mendatang.

"Bagaimana melipatnya? Surat suaranya terlalu besar. Jadi cara melipatnya lumayan merepotkan," keluh Ika Fitriani (22), seorang mahasiswa D3, Fakultas Ekonomi, Unsri ketika mengikuti simulasi pemilu yang diselenggarakan KPUD Kota Palembang, kemarin (19/3).Sama halnya dengan Nurhayati (55), pedagang di kantin kampus tersebut masih bingung dengan cara melipat kembali surat suara yang sudah ditandai. Dia juga mengaku  bingung dalam membedakan surat suara DPR RI, DPRD Provinsi Sumsel dan DPRD kabupaten/kota serta DPD.Selain itu, dia mengaku bingung dalam memilih wakil yang terlalu banyak. "Yang penting nyontrengnya sekali, tapi saya masih bingung mau nyontreng siapa? katanya seolah bertanya.
   
 Lain hal dengan Feni (18), mahasiswi Fakultas Ekonomi mengaku bingung dalam menentukan pilihannya pada pemilu tanggal 9 April mendatang. "Ini pemilu pertama yang akan saya ikuti. Saya masih bingung mau pilih partai apa? Soalnya sekarang partai terlalu banyak."

     Sementara Ineke (19), mahasiswi yang duduk di semester 4 mengaku telah mengetahui cara menandai surat suara dari koran dan televisi. "Tak ada kesulitan yang berarti, karena ini pemilu yang kedua yang akan saya ikuti. Sejuah ini saya belum menentukan pilihan," katanya.

Wastu Widya, Anggota KPUD Kota Palembang mengaku bahwa dari hasil simulasi, tampak masih banyak pemilih yang bingung dengan cara melipat surat suara. Dia menjelaskan simulasi pemilu yang dilakukan KPUD Kota Palembang dilakukan dengan membidik kalangan mahasiswa yang kebanyakan pemilih pemula. Tujuannya, memberikan pengetahuan tentang tata cara pemberian suara.

"Jadi tak hanya cara mencontreng saja yang harus diperhatikan. Cara melipat juga. Dan, ternyata harus disosialisasikan, karena ini menyangkut waktu dalam memberikan suara di bilik suara nanti. Jangan sampai mereka terlalu lama di bilik karena antrian pemilih lumayan panjang," pungkasnya. (mg16)
 

No comments:

Archives