Semeru Waspada, Jalur Pendakian Akan Ditutup

nasional.inilah.com

Headline

INILAH.COM, Surabaya- Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur (Jatim) menyiagakan satu kompi pasukan untuk mengantisipasi peningkatan aktivitas Gunung Semeru yang saat ini berstatus waspada (Level II).

"Kami siap sewaktu-waktu bila ada bencana alam. Satu kompi bisa digunakan bencana apa saja, misalnya Yogyakarta minta atau di sini (Jatim) ada bencana, kami siap," kata Kapolda Jatim, Irjen Pol Badrodin Haiti, di Surabaya, Senin(08/11/2010).

Menurut dia, pihaknya hingga saat ini masih mendapatkan informasi tentang lahar dingin yang meluncur dari Gunung Semeru, namun pihaknya tetap memantau perkembangannya.

"Kita sudah sampaikan ke Polres Lumajang untuk selalu memantau perkembangannya, apakah aktivitasnya terus meningkat atau tidak," katanya.

Untuk langkah-langkah yang akan dilakukan bagi warga untuk mengungsi, mantan Kapolres Probolinggo itu mengaku pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur.

"Nanti kami akan koordinasikan dengan badan penanggulangan bencana daerah. Kami bekerja bukan sendiri-sendiri. Kami siap sewaktu-waktu ada bencana," ujarnya.

Ia menjelaskan potensi gempa di Jatim ada di Semeru, Kelud, Bromo, Lamongan, Raung, Kawah Ijen, dan sebagainya. Status Gunung Semeru masih Waspada (Level II) dengan data 24 jam terakhir dari Pos Pantau Gunung Semeru di Gunung Sawur mencatat 78 kali letusan atau gempa hembusan disertai tiga kali gempa tektonik jauh. Saat ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur bersama BPBD sudah melakukan konsolidasi dan koordinasi dengan masyarakat di Semeru dan Kelud.

"Karena itu, kami mengimbau kepada masyarakat di sekitar Semeru untuk jangan panik dan selalu waspada. Saya harap warga menunggu komando dan informasi dari petugas Pos Sawur," ujarnya.

Selain itu jalur pendakian ke gunung tertinggi di Pulau Jawa itu akan resmi ditutup. Penutupan jalur bagi para pendaki itu akan diberlakukan mulai Jumat (12/11/2010) mendatang. (ant/beritajatim.com/ndr)

No comments:

Archives