Iskandar: Selesai Berobat Gayus Ngluyur, Itu Soal Lain

Senin, 08 November 2010 | 14:54 WIB

Gayus Tambunan. TEMPO/Yosep Arkian

TEMPO Interaktif, Jakarta - Polisi akhirnya mengakui Gayus Halomoan Tambunan, terdakwa kasus mafia pajak pamit izin berobat pada hari Jumat (5/11). Keluar tahanan dengan pengawalan petugas, Gayus ternyata sempat hilang dan ditemukan di rumahnya, Jumat malam.

Juru Bicara Mabes Polri Inspektur Jenderal Iskandar Hassan mengakui, kasus Gayus ini diluar kebijakan kepolisian. Soalnya, sesuai aturan, jika ada tahanan yang menderita sakit, maka akan dipanggilkan dokter ke rutan. Pada kasus Gayus, ia diizinkan keluar karena ada pengawalan dan tujuannya ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati. "Setelah selesai berobat, dia ngeluyur, itu permasalahan lain," kata Iskandar, Senin (8/11). "Apalagi dikawal petugas."

Gayus sendiri, kata Iskandar, penahanannya akan berakhir 28 November mendatang ini. Tersangka kasus suap ini juga sudah diperiksa, bersamaan dengan pemeriksaan terhadap Kepala Rutan dan anggota polisi penjaga. Sejauh ini ada delapan petugas yang terlibat dalam pengawalan Gayus. Jumlahnya bisa saja berkembang.

Karena itulah, Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri kini tengah memeriksa petugas yang terlibat dalam pengawalan Gayus. Iskandar mengaku tak tahu apakah Kepala Rutan sudah berkoordinasi dengan kuasa hukum Gayus mengenai permintaan izin keluar ini.

Mengenai penyakit apa yang diderita Gayus sehingga ia meminta izin berobat, Iskandar mengaku belum tahu soal itu. " Kami belum bisa ngomong sekarang karena belum tahu hasilnya persis, mudah-mudahan siang ini kami dapat," katanya.

No comments:

Archives