Adam Malik Dituding Agen CIA

24/11/2008 13:20 - Buku
Adam Malik Dituding Agen CIA

Liputan6.com, Jakarta: Buku terbitan Amerika Serikat berjudul Membongkar Kegagalan CIA tengah menjadi bahan perbincangan. Karya wartawan New York Times, Tim Weiner, ini menuding mantan Wakil Presiden Adam Malik sebagai agen intelijen AS, CIA.

Tuduhan ini didasarkan pada dokumen intelijen yang dirilis AS. Dalam dokumen tersebut disebutkan mantan wapres ketiga RI itu menerima sumbangan uang US$ 10 ribu untuk memberantas Gerakan September 30 atau Gestapu.

Namun Antarini Malik, putri Adam Malik, menuding penulis buku hanya mencari sensasi. Menurut dia, Adam Malik adalah seorang diplomat ulung dan tidak mudah terbeli harga dirinya. Namun Antarini membenarkan ayahnya pernah bertemu Duta Besar AS di Jakarta. "Tapi bukan berarti Bapak jadi agen CIA," kata Antarini.

Saat ini keluarga sedang menyiapkan buku bantahan untuk mengklarifikasi buku Membongkar Kegagalan CIA. Keluarga Adam Malik juga berharap negara ikut turun tangan menjernihkan masalah agen CIA tersebut karena Adam Malik adalah tokoh bangsa.(YNI/Rahmat Supana)


No comments:

Archives