Pulau Jemur atau Jemor? Lemahnya investigasi Media kita?!!

Kasus Pulau Jemur menambah daftar panjang konfrontasi dengan Malaysia dan peran Media kita yang lemah dalam melakukan cross check dan investigasi (mungkin kelelahan atau kelupaan) membuat masalah yang sebenarnya nggak perlu jadi berita yang sangat bombastis.
Namun untungnya ada para blogger yang dengan kemampuan dan kemauan analisisnya dapat membantu menjernihkan masalah tersebut.

Namun demikian akankah media yang sudah kebacut membuat berita heboh tersebut mau menarik atau meralat berita yang sudah mereka lansir?
Nah untuk hal itu tentu urusan mereka untuk mau tidaknya bukan.

Yang terpenting disini adalah bila kemarin saya sudah me-reblog artikel berkenanaan dengan kasus Pulau Jemur maka sekarang ini karena ada informasi untuk meluruskan berita tersebut tentunya kewajiban saya untuk melakukan balancing berita tersebut sesegara mungkin.

Dan secara kebetulan malam ini saya mendapatkan dua artikel yang dapat menjadi rujukan penting perihal itu dari blognya pak Rovicky dan Cebong Ipiet yang diposting di Wordpress.

Secara lengkap kedua posting tersebut saya pasang disini untuk memudahkan dibaca.
:)

--------------------------------------------

Ini dari blognya pak Rovicky

Ada dua pulau dengan mana yang sangat mirip yang sama-sama berlokasi di Selat Malaka. “Pulau Jemor, Malaysia” dan “Pulau Jemur, Indonesia”

Pulau Jemur terletak di Selat Malaka. Termasuk bagian dari Propinsi Riau, Indonesia. Pulau ini saat ini menjadi terkenal karena adanya website yang “keliru” menuliskan kepemilikannya karena bingun huruf ”U” dan “O”. Traveljournal.net salah menuliskan bahwa Pulau Jemur ini bagian dari Malaysia. Media di Indonesia dengan serta merta mengatakan adanya klaim kepemilikan dari Malaysia. Diantara Media yang terburu-buru dan merusak kredibilitasnya adalah Tempointeraktif.ComKOMPAS.com  INILAH.COM  bahkan Antara-pun tidak melakukan verifikasi ada erbedaan antara Pulau JEMUR (Indonesia) dan Pulau JEMOR (Malaysia)

Benarkah ? Awas jangan sampai salah marah yang bikin malu.

Lokasi Pulau Jemur

Kalau dilihat disini : http://wikimapia.org/#lat= 2.8840657&lon=100.5523682& z=10&l=0&m=h terlihat bahwa Pulau Jemur memang lebih mudah diakses dari Malaysia. Ada kota-kota di dekat pulau ini yang dapat dipakai sebagai pangkalan untuk menuju ke Pulau Jemur. tentusaja ini sekdar fasilitas akomidasi sebelum mendatangi Pulau Jemur ini.
Pulau Jemur lebih dekat dengan Pulau Sumatra. Tetapi jauh dari perkotaan sebagai penyokong logistik seandainya akan mengembangkan Pulau ini untuk tujuan wisata.
Pulau Jemur

Pulau Jemur lebih dekat dengan Pulau Sumatra. Tetapi jauh dari perkotaan sebagai penyokong logistik seandainya akan mengembangkan Pulau ini untuk tujuan wisata.

Kesalahan Traveljournals.net adalah menerangkan pulau ini bagian dari Malaysia. Memang aksesnya mudah secara logistik. Mungkin inilah yang dipakai sebagai alasan Traveljournals.net untuk mempermudah pengguna site ini apabila ingin mendatangi pulau Indah ini. Tetapi juga mungkin salah spelling (penulisan), mereka kurang peka dengan U dan O.

Dua pulau berdekatan dengan kemiripan Nama

Namun kalau kita lihat disini : http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/m3272649/pulau_jemor.html Yang dimaksud Pulau Jemor adalah sebuah pulau keciiil di dekat Pelabuhan Klang (klik peta paling atas).

tr_zonasi jemur_12
Bukannya diterlantarkan. Peta diatas menunjukkan bahwa sudah ada rencana pengembangan Pulau Jemur ini. Namun akses logistik menjadi kendala utama bagi traveler (orang yang suka jalan-jalan) dan turis.

Pulau indah yang minim logistik.

Yang perlu dipikirkan Riau dan Indonesia adalah, kalau datangnya dari sisi Timur (Malaysia) tentunya perlu imigrasi khusus, karena sudah melewati batas negara. Selain itu pulau yang sangat indah ini minim sekali infrastruktur logistiknya. Disinilah letak sulitnya mengembangkan sektor pariwisata di Pulau Jemur ini.

Jadi kalau saja Malaysia (pelabuhan Klang) ingin menjadi pelabuhan sebelum meunju Pulau Jemur ini adalah mempersiapkan keimigrasiannya. Jadi bisa dong join dengan Malaysia dalam hal ini.

Nah untuk Peulau Jemor ndak usah diceritakan ya. Yang jelas jangan mudah terpancing oleh media yang mulai malas melakukan verifikasi terhadap sebuah berita.

--------------------------------------------

Ini dari Tulisan Cebong Ipiet

Semuanya udah nulis tentang klaim Pulau Jemur (Kepulauan Riau..) di Traveljournals.net ya? Waduh diriku ketinggalan. Hehehe, lah orang orang sudah menggebu gebu e, diriku baru sempet nengokin website itu kemaren.

Traveljournals.net , situs informasi travel yang domainnya di registrasi di Swedia, (http://whois.domaintools.com/traveljournals.net)

Domain name: traveljournals.net

Registrant Contact:
Nea Internet
Andreas Sjolin ()

Fax:
Vegagatan 22
Sundbyberg, 17234
SE

Seperti hal nya situs situs informasi travel lainnya, situs ini menerima registrasi anggota dan bisa submit artikel pengalaman mereka. Tapi hanya sebatas submit berita. Sedangkan untuk data mengenai peta dan lokasi, salah satu peta yang ada di situs tersebut bersumber dari publikasi CIA dan beberapa data sumber publik lainnya. Seperti kita kita para blogger yang sering mengambil data dari berbagai sumber gitu loh.

Menariknya ketika diriku browsing ke sana, sudah ada beberapa komentar dari kawan kawan Indonesia. Ada yang membuat profile, ada yang membuat account, dan tentunya ada yang nyepam. Lah kalau nyepam apa ya di-reken? Wong uda ada fasilitas contact form gitu. Hehehehe, apapun itu diriku percaya kok itu tandanya mereka peduli pada bangsanya.

Diriku lihat ada form contact di menu bawah. Ceklik saja. Memaki di situs ini diriku rasa ga akan dapat kejelasan apapun. Akhirnya dengan bahasa inggris belepotan, diriku ngirim pesan (tak copy paste dari emailku ya)

Name: Cebong Ipiet
Email: cebong.ipit@gmail.com
Message:
Hi admin,

Sorry for bothering you. I just wanna ask about this site content. About all the data of island, location, etc from every country. Do you upload it self, or user submit it? Could you tell me your map source? For example, this link
http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/m3272649/pulau_jemor.html
Fyi, this island is belong to Indonesia not Malaysia and this is become main issue of my country now.
I just need your confirmation.
Appreciate if you reply me soon. Thanks.
Regards,

Ipiet

Dan semalam dapat email dari admin, Andreas, sesuai dengan nama registrasi domainnya.

Ipiet,

Thank you for your message.

Our location database is compiled from publicly available data. Sometimes this data can be incorrect and we appreciate feedback on this.
Our intention is to provide our users with an overview of where places are located on a world map.

I assume you refer to “Pulau Jemur” (middle of Malacca strait). That location was removed from the database yesterday, after feedback from others.

From my understanding “Pulau Jemor” (Jemor Island) (http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/m3272649/pulau_jemor.html) is listed correctly.

Sincerely,

Andreas, Traveljournals.net

Ketika diriku browsing memang sudah tidak ditemukan link Pulau Jemur (http://www.traveljournals.net/explore/malaysia/map/p456617/pulau_jemur.html) , yang masih ada adalah Pulau Jemor, silahkan dilihat sendiri link nya yah yang di atas itu.

Syukurlah sudah ada yang konfirmasi, jadi sudah di remove. Pelajaran buat kita semua. Pemerintah, sudah saatnya memperbaiki data base dan sumber sumber publik lainnya. Media, dalam menyampaikan berita hendaknya bukan hanya mentereng di judulnya, tapi ditelusuri juga kapasitas admin sumber pemberitaan tersebut. Diriku hanya tidak ingin, kita berkoar koar di dunia internasional tanpa bukti kuat, tanpa kemampuan diplomasi dan hanya mengedepankan emosi. Selebihnya, mau tidak mau kita mengakui, dengan adanya serentetan kasus ini, membangkitkan nasionalisme yang telah lama mati suri.

Note:
Grogi pertama kali nulis, tulisan ini saya repost dari blog personal saya

Sekedar uneg uneg lain mengenai media yang mulai malas melakukan verifikasi terhadap sebuah berita

http://rovicky.wordpress.com/2009/09/02/pulau-jemur-dimana-sih/.

(Sumber: kompasiana.com)

--------------------------------------------

Notes dari saya nih cahPamulang :
Kita boleh saja ganyang apapun tapi setelah yakin dan yakin dan yakin (ingat 3 x yakin)
Kalau sekedar ganyang tapi ikut-ikutan bisa fatal akibatnya.
Jangan ikuti Media yang asal Gobleg!
Jangan re-blog Blogger yang asal Teriak!

Jadilah Blogger yang cerdas, jujur dan bertanggung jawab, contohnya sudah ada kok...
nggak jauh-jauh... ya nggak coy
:)
love you all

3 comments:

gusDon said...

Pada dasarnya negeri kita perlu punya strategi jelas dalam membangun hubungan antar negara serumpun.....

Herannya dimana fungsi ASEAN?
MAcan ompong..... Tempat berkumpul orang2 berstandar akademis tinggi, tetapi miskin krativitas.... (Numpang makan??)

Cebong Ipiet said...

hehe, liat postingan ternyata ada linkback dari sini
setuju Pak/Mas
Sangat disayangkan media yg langsung memasang headline Malaysia klaim Pulau Jemur.
Bagaimana bisa tahu lah wong cross check aja belum dilakuin. Whois domain aja dari negara swedia. Dan itu bukan situs resmi pemerintahan.
Tragedi pemberitaan 'Noordin M Top Tewas" terulang :D apa nanti tinggal di kasih tanda tanya di belakang atau ditempeli kata bukan di depan. :D
Sudah seharusnya pemberitaan itu netral dan berimbang. Sudah baca berita dari KBRI mas?
Sepertinya media kurang mengekspose nya, padahal sumber resmi lho. Dikira nggak seru kali ya

http://kbrikualalumpur.org/id/berita/2009/25-08-09.html

cahPamulang said...

Akurrr deh

Archives