Isu Suara SBY di Bawah 50% di Tabulasi, KPU Diminta Klarifikasi - Wah Bakal Ramai lagi Deh!

Laurencius Simanjuntak - detikPemilu

Jakarta - Koordinator Teknologi Informasi (TI) Tabulasi Suara dan Relasi KPU Tim Megawati-Prabowo Arif Wibowo mendesak KPU segera mengklarifikasi soal SMS yang beredar tentang penutupan tabulasi KPU berbasis SMS itu akibat perolehan SBY di bawah 50 persen. Punya bukti?

"Tim juga banyak menerima SMS-SMS (perolehan SBY di bawah 50 persen) begitu. Kami minta KPU untuk membuka apa dibalik tabulasi nasional tersebut. Karena ada kecenderungan tabulasi yang dilakukan hanya untuk menjustifikasi hasil dari quick count. Sekarang kok berhenti, kenapa tidak diteruskan," kata Arif.

Hal itu disampaikan Arif kepada wartawan seusai menghadiri Rapimnas PDIP di Kantor DPP PDIP Lenteng Agung, Jakarta, Rabu (15/7/2009).

Menurut Arif, sejak awal memang banyak sekali pekerjaan dan perilaku KPU yang mencurigakan. Hal ini disebabkan karena KPU selalu tidak transparan terhadap parpol atau tim kampanye pasangan capres-cawapres yang akan bertanding.

"Sejak awal KPU tidak transparan soal metode teknologi tabulasi nasional pada publik dan tim kampanye. Kami akan menginvestigasi kebenaran info tersebut (SMS perolehan SBY di bawah 50 persen). Kalau benar, itu berarti malapetaka bagi demokrasi," papar Arif.

Sebelumnya beredar SMS yang isinya menyatakan bahwa perolehan suara hasil hitungan manual KPU (real count) menunjukkan hasil yang mengagetkan. Perolehan suara SBY Boediono memang berada pada urutan pertama disusul pasangan Megawati-Prabowo dan JK-Wiranto.

Akan tetapi, perolehan SBY yang diisukan SMS itu hanya memperoleh 47,32 persen akan berakibat terhadap adanya putaran kedua. Jika putaran kedua terjadi, maka SBY harus mempersiapkan diri untuk bertarung kembali dengan Megawati.

Inilah SMS yang beredar mengenai perolehan real count KPU yang ditutup karena hasil perolehan SBY dibawah 50 persen.

"Kenapa tabulasi KPU dihentikan? Info dari YD peneliti IFES, karena dilarang dipublikasikan tabulasi akhir yaitu: SBY-BUDI: 47,32%, MEGA-PRO: 32,15%, JK-WIN: 20,53%. ( yid / asy )

No comments:

Archives