Muhammadiyah Dukung Susno Bongkar Praktek Markus

news.okezone.com

YOGYAKARTA- PP Muhammadiyah mendukung sikap dan tindakan mantan Kabareskrim Komjen Susno Duadji yang berusaha membongkar praktek makelar kasus (markus) di Mabes Polri.

"Tentu jika bisa dipertanggungjawabkan dan benar kita mendukung. Tapi kenapa kok baru kemarin Pak Susno membongkar kasus ini? Ya biarlah daripada tidak,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin di Kauman, Yogyakarta, Jumat (19/3/2010).

Lebih lanjut Din mengatakan dugaan adanya markus di tubuh Polri menandakan borok dari lembaga penegak hukum khususnya Polri kian terungkap. Borok yang justru diungkap oleh orang dalam Polri yang tahu seluk beluknya.

Ia menilai adanya markus ini sebagai fenomena gunung es kasus kejahatan yang melibatkan Polri. “Ini hanya sebagai fenomena gunung es, di luar dibongkarnya rekaman percakapan Anggodo beberapa waktu lalu,” jelas Din.

Dengan masih terjadinya berbagai kasus kejahatan yang melibatkan aparat negara ini, Muhammadiyah mendesak pemerintahan SBY-Boediono serius melakukan reformasi dan bukan sebatas retorika.

Muhammadiyah sebagai ormas Islam siap melakukan kritik jika pemerintah dinilai tak serius untuk menyelesaikannya. “Jangan hanya sebatas retorika saja. Kalau saja masih terjadi penyimpangan dan penyelewengan oleh Negara kita siap memberikan kritikan,” kata Din.(Satria Nugraha/Trijaya/ful)

No comments:

Archives