Ketua Komisi IX DPR: Amerika Bisa Jadi di Balik Pemilihan Endang

Kamis, 22/10/2009 11:44 WIB
Ketua Komisi IX DPR: Amerika Bisa Jadi di Balik Pemilihan Endang
Reza Yunanto - detikNews

Endang R (Runggapres)
 
Jakarta - Penunjukan Endang Rahayu Sedyaningsih sebagai Menkes mengejutkan semua pihak termasuk juga Ketua Komisi IX (Komisi Kesehatan) DPR Ribka Tjiptaning. Ribka mencium dipilihnya Endang tidak lepas dari pengaruh Amerika Serikat.

"Dari mulai pemilihan presiden saja AS sudah bermain. Dengan mendadaknya pemilihan menkes ini bisa jadi itu," ujar Ribka dalam jumpa pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (22/10/2009).

Ribka heran atas penunjukan Endang karena nama yang berkembang sebelumnya Siti Fadilah Supari akan diganti Nila Juwita FA Moeloek. Namun Nila ternyata gagal masuk dalam kabinet.

"Yang mengherankan katanya ada 5-6 calon yang bermasalah. Tetapi kenapa hanya Ibu Nila saja yang diganti, tetapi yang lain tidak?" kata politisi PDIP ini.

Nila ikut dalam tes di Cikeas dan RSPAD Gatot Subroto pada akhir pekan lalu. Namun pada Rabu (21/10) pagi sebelum pemilihan nama menteri diumumkan, Endang Sedyaningsih dipanggil SBY ke Cikeas dan mengikuti rentetan tes kesehatan oleh dokter-dokter RSPAD Gatot Subroto. Malamnya, Endang yang merupakan pejabat eselon II Depkes, diumumkan Presiden SBY sebagai Menkes.

No comments:

Archives