People of The Year 2009 – versi Seputar Indonesia

  • Mereka yang Berpengaruh

    Monday, 01 February 2010

    Image
    PEOPLE of The Year (POTY) yang dilahirkan harian Seputar Indonesia untuk tahun 2009 bukanlah sekadar tokoh biasa.Bukan pula tokoh yang hanya populer (the most popular) atau karena memiliki kekuasaan (the most powerful).

  • Mengonstruksikan Tokoh Terbaik

    Monday, 01 February 2010

    THERE are three constants in life.  Change,choice, and principles....  (Steven Covey,pengarang asal AS)  

    KUTIPAN ungkapan  pengarang asal AS  Steven Covey di atas  seolah menggambarkan  konstruksi realitas seorang  Mahfud MD.Konsistensi Mahfud  dalam mendukung perubahan,berani  menyodorkan alternatif,dan  memegang teguh prinsip itulah  yang membuat staf pengajar dan  guru besar Fakultas Hukum Universitas  Islam Indonesia (UII) Yogyakarta  itu terpilih sebagai People  of The Year 2009 versi harian  Seputar Indonesia. 

  • Kilas Balik Tradisi POTY

    Monday, 01 February 2010

    TRADISI POTY mulai diselenggarakan  sejak 2005.Pada kesempatan  itu,Seputar Indonesia  memilih tiga kategori pemenang,  yaitu di bidang politik,hukum,dan  agama yang masing-masing diraih  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  (politik),Jenderal Pol  Sutanto (hukum),dan KH  Abdullah Gymnastiar (agama).  SBY memiliki gaya  kepemimpinan dan peran yang  sangat besar dalam membawa  Indonesia di era transisi demokrasi. 

  • Hakim Jangan Tersandera Aturan

    Monday, 01 February 2010

    Jika kita melihat ketidakbenaran, luruskan ketidakbenaran itu dengan tanganmu,kekuasaanmu. Dan jika melihat ketidakbenaran tapi tidak punya kekuasaan untuk meluruskannya,maka berbicaralah dengan mulutmu. Prinsip itulah yang senantiasa dianut pria kelahiran Sampang,Madura, 13 Mei 1957 ini.Dia juga dikenal sebagai sosok yang selalu berbicara apa adanya,ceplas-ceplos, tapi cermat,dan cerdas dalam mengambil keputusan.

  • Anak Sampang yang Disuka Banyak Orang

    Monday, 01 February 2010

    KEPUTUSAN Mahkamah Konstitusi (MK) memutar rekaman pembicaraan Anggodo Widjojo dengan sejumlah pejabat penegak hukum ternyata tidak seberat ketika MK memutus sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009.Maklum, kontestan pada Pilpres 2009 merupakan tiga kekuatan besar. ”Anggodo siapa sih,apa yang ditakuti dari dia.

  • Komik,Sederhana dan Logat Madura

    Monday, 01 February 2010

    Banyak kisah unik di   balik sosok Ketua   Mahkamah Konstitusi   (MK) Moh   Mahfud MD.Mulai kisah tentang   kenakalannya,kesederhanaannya   dalam berpakaian hingga logat   Madura yang tidak pernah bisa   hilang.   Di masa kecil,Mahfud dikenal   sebagai anak “nakal”.Namun,   jangan berpikir kenakalannya   bersifat negatif.Pria yang menyelesaikan   pendidikan doktor (S-3)   di Universitas Gadjah Mada dengan   cepat (2 tahun 8 bulan) ini dikenal   suka melanggar tradisi masyarakat.  

  • Manusia Tiga Dimensi yang Berhati-hati

    Monday, 01 February 2010

    KETUA Mahkamah Konstitusi   Mohammad Mahfud MD dikenal   sebagai manusia tiga dimensi.Dikatakan   begitu karena dia adalah   sosok luar biasa yang bisa mengecap   jabatan penting dan strategis   secara berurutan pada tiga cabang   kekuasaan,eksekutif,legislatif,   dan yudikatif.  

  • Menjaga Konstitusi Membangun Demokrasi

    Monday, 01 February 2010

    Saya mengucapkan   terima kasih yang tak   terhingga kepada pimpinan   dan seluruh jajaran   harian Seputar Indonesia   yang menganugerahkan penghargaan   People of The Year (POTY) 2009   kepada saya.Ucapan terima kasih   ini bukan basa basi,tetapi keluar   dari lubuk hati yang paling dalam.   Namun,bersamaan dengan itu,   bukan berbasa-basi pula jika dalam   menerima anugerah ini saya kemukakan   dua hal.

  • Sang Naga dari Ladang Jagung

    Monday, 01 February 2010

    Perjalanan Chris John  menjadi bintang tinju  dunia sangatlah panjang  dan berliku.  Bahkan mungkin The Dragon—  julukan Chris John—dulu pun tak  pernah menyangka akan mendapatkan  nama besar di olahraga  profesional ini.Dia memulai  semuanya dari keadaan  serbakurang.  Faktanya begitu.Chris mengenal  tinju bukan di sebuah gym  besar yang dilengkapi alat-alat  olahraga modern.

  • Momentum Chris John

    Monday, 01 February 2010

    TAHUN 2009 adalah tahun kesuksesan  Chris John.Mimpi dan citacitanya  terbang ke Las Vegas,  Nevada,Amerika Serikat (AS),terwujud.  Bahkan dia mampu mencetak  sejarah tinju Indonesia di  negeri adidaya itu.  Ya,Chris telah menorehkan  sejarah bagi bangsa ini.The Dragon  mampu menjadi petinju  Indonesia pertama yang dua kali  sukses mempertahankan gelar  juara dunia di negeri yang  menjadi kiblat tinju internasional.  Pertama saat pertandingan  berakhir imbang (draw) dengan  Ricardo ‘Rocky’ Juarez dalam duel  kelas bulu (57,1 kg) WBA di Toyota  Center,Houston,Texas,28  Februari 2009.

  • Memoles daerah miskin menjadi emas

    Monday, 01 February 2010

    MISKIN, kering,dan  terbelakang.Tiga  kata itu tepat untuk  menggambarkan  kondisi Kabupaten Lamongan  sekitar 10 tahun silam.Kini,  dengan sentuhan tangan dingin  Bupati Lamongan Masfuk selama  hampir dua periode kepemimpinannya,  Lamongan menjelma  menjadi daerah yang patut diperhitungkan. 

  • Memimpin dengan Gaya Entrepreneur

    Monday, 01 February 2010

    SOSOK Masfuk identik dengan kewirausahaan  (entrepreneurship).  Sejak remaja dia sudah menekuni  dunia bisnis.Saat di bangku kuliah  Masfuk merintis usaha budi daya  jamur,tapi akhirnya mandek.Setelah  lulus pada 1986 Masfuk mencoba  berkelana ke Jakarta untuk  melamar kerja. 

  • Berawal dari Emperan Masjid

    Monday, 01 February 2010

    Pernahkah Anda mendengar  sebutan kampung  bahasa Inggris?  Kampung yang  berada di Kecamatan Pare,  Kabupaten Kediri,Jawa Timur itu  sangat identik dengan sosok  Muhammad Kalend Osen.  Bagaimana kiprahnya?  Sebuah plang bertuliskan  ”Kampung Bahasa”terpasang di  gang masuk Jalan Anyelir,Dusun  Singgahan,Desa Palem,Kecamatan  Pare.Sekitar 300 meter dari perempatan  jalan tersebut terdapat  sebuah lembaga kursus dengan  nama Basic English Course (BEC). 

  • Tak Masalah Disebut Basic

    Monday, 01 February 2010

    SUATU siang di Pare,Kediri.  Panas yang menyengat di luar  terasa hingga ke seluruh ruang  kelas.Kalend menempati salah  satu ruang kelas,mengajarkan  bahasa Inggris kepada sekitar 50  siswanya.Dua buah kipas angin  yang berada di ruang itu tak bisa  mengalahkan hawa panas dari  luar yang berpadu dengan hawa  panas tubuh puluhan siswa. 

  • Teri yang kakap

    Monday, 01 February 2010

    "Kalau memulai bisnis,jangan sampai ketika baru mulai langsung membayangkan untung besar dan membangun sistem yang mulukmuluk dan rumit.Yang penting bisnis bisa bergulir dulu.”  (Mohammad Nadjikh, Pengusaha Perikanan)

  • Gila’ Pernak-pernik Ikan

    Monday, 01 February 2010

    Pengusaha teri yang menjadi kakap

    IKAN sudah menjadi bagian terpenting dalam hidup Mohammad Nadjikh.Tak mengherankan jika saat ini semua hal yang berbau ikan menjadi kebanggaan tersendiri bagi pengusaha yang pernah meraih International Award for Best Performance 2002 dari Council of International Awards United Kingdom ini dan keluarganya.

  • Roller Coaster Kasus Bibit-Chandra

    Monday, 01 February 2010

    JIKA pernah menaiki roller coaster,sejumlah perasaan kondisional terjadi di dalamnya. Kasus Bibit-Chandra sepertinya mewakili model tersebut dan penumpangnya adalah gerakan pemberantasan korupsi dan siapa pun yang peduli dengan Indonesia yang bebas korupsi.Gerakan pemberantasan korupsi dibuat pontang-panting dengan kasus itu. Penuh kecemasan namun terkadang tiba-tiba jeda dengan penuh kesadaran akan adanya serangan berikutnya.

  • Issue Of The Year

    Monday, 01 February 2010

    Berkah dari Krisis Para Penegak Hukum 

    SENGKETA antarlembaga penegak hukum yang terjadi antara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan pihak kepolisian dalam kasus penahanan pimpinan KPK,Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah,terpilih sebagai Seputar Indonesia Issue of The Year 2009.

    Kisruh KPK-kepolisian mengesampingkan isu-isu besar lain yang terjadi sepanjang 2009 seperti kisruh Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2009,bencana alam,terorisme,dana talangan Bank Century,dan ketegangan antara Indonesia-Malaysia. Terpilihnya sengketa KPKKepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sebagai isu terpopuler berdasarkan jajak pendapat yang diselenggarakan harian Seputar Indonesia(SI) melalui wawancara via telepon terhadap 2050 responden yang dipilih secara acak di 9 kota besar di Indonesia.

  • No comments: