Bila Anak Politisi Jadi Calon Legislator

08/10/2008 18:21 - Pemilu 2009
Bila Anak Politisi Jadi Calon Legislator

Liputan6.com, Jakarta: Jerry, Dave atau Mumtaz barangkali nama yang biasa saja di masyarakat. Namun menjadi berbeda jika nama keluarga ikut ditambahkan menjadi Jerry Sambuaga, Dave Laksono atau Mumtaz Rais. Mereka kini akan mengikuti jejak orangtuanya menjadi politisi.

Jerry yang saat ini berusia 23 tahun dan calon anggota legislatif untuk daerah pemilihan Jakarta III adalah putra Ketua Komisi I DPR Theo L. Sambuaga. Jerry yang meraih gelar Master Hubungan Internasional dari Universitas Columbia, Amerika Serikat, menolak disebut nepotisme saat terjun ke dunia politik.

Tak hanya Jerry yang mengikuti jejak orangtuanya. Dave Laksono, putra Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua DPR Agung Laksono juga banting setir menjadi calon anggota legislatif dari daerah pemilihan Jawa Barat II. Lulusan dari California State University, AS, ini sebelumnya sempat menjadi petinggi maskapai penerbangan Adam Air yang kini tutup. Sebagai anak petinggi partai ia juga menepis anggapan mendompleng nama orangtua.

Berbeda dengan Jerry Sambuaga dan Dave Laksono. Muhammad Mumtaz Rais, putra Amien Rais, justru tidak risi disebut diuntungkan oleh nama sang ayah saat maju jadi calon legislator dari Partai Amanat Nasional. Mumtaz yang berusia 25 tahun dan lulusan Fakultas Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada ini maju untuk daerah pemilihan Jawa Tengah VIII justru menyebut kehadirannya di arena politik sebagai penerus keluarga.

Dinasti politik sepertinya mulai dibangun, tapi rekam jejak para calon dipertanyakan. Sekadar upaya meneruskan perjuangan, atau semata-mata untuk melanggengkan kekuasaan dan kemapanan.

Kini, pertanyaannya adalah bagaimana para politisi muda menjawab keraguan tadi? Karena memang tidak sedikit putra-putri politisi yang mengikuti jejak orangtuanya. Yang pasti langkah mereka menuju ke Gedung DPR ada di tangan Anda.(ANS/Tim Liputan 6 SCTV)


No comments:

Archives